Kamis, 03 Juni 2010

Negara Maju Siap Sumbang 4 Miliar untuk Deforestasi


Degradasi Hutan

Negara-negara maju berkomitmen untuk memberikan bantuan dana sebesar 4 miliar dolar Amerika Serikat untuk melawan deforestasi pada tahun 2012—500 juta lebih banyak dibanding yang telah dijanjikan pada Konferensi Copenhagen, demikian informasi yang dirilis Norwegia baru-baru ini.

Jens Stoltenberg, Perdana Menteri Norwegia sekaligus penyelenggara konferensi iklim dan kehutanan internasional, menyatakan bahwa jumlah tersebut mencakup 3,5 miliar dolar yang dijanjikan oleh Amerika Serikat, Norwegia, Jepang, Inggris, Perancis, dan Australia dalam Konferensi Copenhagen di bulan Desember lalu.

“Mengurangi deforestasi dan degradasi hutan adalah cara menurunkan emisi global yang paling cepat dan murah,” jelas Stoltenberg. Perjuangan melawan deforestasi dapat menghasilkan pengurangan emisi sebanyak sepertiga dari total target yang dibutuhkan pada tahun 2020 untuk membatasi pemanasan global sebanyak 2 derajat Celsius.

Berdasarkan keterangan yang diberikan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), deforestasi merupakan penyebab 17 persen emisi gas rumah kaca global, yang melebihi emisi gabungan semua jenis transportasi di dunia.

Tidak ada komentar: